MERAKIT PEMANCAR RADIO FM

1. Pemancar mini FM sederhana
Pemancar fm ini bekerja pada frekuensi 88- 108 MHz  dan memiliki jangkauan sekitar 300 meter kebih, tegangan yang digunakan sekitar  9 volt s/d 12 volt DC. Agar daya pancarnya lebih jauh dapat menggunakan antena pengarah jenis yagi.

Cara kerja pemancar dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Microphon mengubah getaran suara menjadi getaran listrik dan akan diteruskan (kopling) oleh c4 ke Q2 untuk diperkuat dan selanjutnya diteruskan (kopling) oleh c3 ke Q1 untuk dicampur ( modulasi) dengan frekuensi tinggi yang dihasilkan oleh C5 dan Lc sehingga menghasilkan gelombang radio yang dipancarkan oleh antena.

Gambar rangakaian pemancar

Keterangan gambar

  • C1 = 0.001uf
  • C2 = 5.6pf
  • C3, C4 = 10uf / 16V (ELCO)
  • C5 = 3-18pf (trimer condensator)
  • R1 = 270 Ohm 1/4W
  • R2, R5, R6 = 4.7k 1/4W
  • R3 = 10K 1/4W
  • R4 = 100K 1/4W
  • Q1, Q2 = 2N2222A (NPN transistors) atau 2N3904
  • L1, L2 = 5 lilit
  • MIC = Electret Microphone
  • Sumber tegangan 9 Volt DC

2. Pemancar mini fm ronica sc 197
Pemancar ini daya pancarnya bisa diatas 1km dengan ketinggian antena 5m.

Gb. Skema rankaian pemancar mini FM roniac sc 197

PCB Pemancar mini FM ronika sc 197

Hasil Rakitan pemancar mini ronika sc 197

31 Tanggapan

  1. harganya berapaan ya pakkk????????

  2. dimana sy dapatkan rakitanya pa tlng sms ke no 083824000811 sy tnggu mksh

  3. cari saja di toko yang jual komponen eletronika disekitar anda..

  4. itu yg berapa wat yah?
    .. untuk jangkauan berapa jauh?

  5. sayang toko elektro di sekitarku sudah ndak jualan komponen pemancar fm ………..hub.081335780188

  6. sya sdah buat pak, tpi daya pncarnya gak jauh dan tr pd bufer prtamu panas buanget, apa yg prlu d gnti pak? mksih sblumnya

  7. Pa teo punya skema fm yg lain gak, dan jangan lupa mampir di blogku oce pak …..

  8. saya bsa antar anda menuju panel 100watt.untuk 500miliwatt buferpertama pake c930 1buah dan kedua dua buah.1watt bsa pake c2053 untk bufer ke3.lanjut bufer 4 pake c 2094 hailnya bsa sampe 18 watt lanjutnya bfr 5 pke c2782 dijamin mantap 100 watt.kurang jelas sms saya 085725821274 atau facebook rcsdowo@gmail.com

  9. makasih pak teo artikelnya bagus, ijin saya save utk arsip saya

    -Bisakah “Pemancar FM Mini” ini digabung dlm satu box kecil dg “Penerima FM Mini” ? ide saya mau buat radio komunikasi jarak pendek yg bisa kirim/terima (bicara/dengar) secara bersamaan.
    Jadi dibuat sepasang
    Pemancar FM Mini+Mic+Penerima FM Mini+Spk
    — vs —
    Pemancar FM Mini+Mic+Penerima FM Mini+Spk

    Kan murah daripada membeli cordless……
    Bisakah pak? mohon pencerahan
    terimakasih

  10. pak saya udah buat pemncar fm sderhana bufer pertama sya pke’ c945 n bufer ke 2 sya pkek c828 daya pncar ko’ pndek knpa

  11. met malam saya punya pemancar komersil dgn daya kekuatan 300 watt dan mpunyai izin radio dan pembuatnya dari jakarta sedangkan saya di manado bagaimana kalau bapak yg buatin daya pancar 1000 wat dan berapa biayanya

  12. met malam saya punya pemancar komersil dgn daya kekuatan 300 watt dan mpunyai izin radio dan pembuatnya dari jakarta sedangkan saya di manado bagaimana kalau bapak yg buatin daya pancar 1000 wat dan berapa biayanya
    Balas

  13. kalau berita saya udah diterima tolong hubungi di HP. 08124427896 Atw 081340583882

  14. duh cra buat lilitan untuk ngatur gelombangnya gmna eah pakk…

  15. wah di tempatku ada yang jual itu komponen,
    bagi yang masih membutuhkan bisa di bantu. thx

  16. kalo skema d atas kurang bagus mdh bergeser frek nya..pke tuner aja osc nya lbih stabil..

  17. gimana ya cranya mengatur nilai frequensi, misalx kita mau di 90,0.. mkasih bnyak atas ilmunya semoga bermnfat bgi semua,, amin,

  18. obral transistor finel C2782,kondisi baru,stok banyak per pcs:300rb
    alamat:bantul,yogyakarta
    tlp:02747808723

  19. Pak teo.. tr 930 bisa ngak di ganti dengan tr 945…??? mhon di blz

  20. salam kenal pak,saya nak bertanya ,ada ka tidak bapak merakit linier 300w unt 144mhz..kalau ada poleh saya nak membelinya,berapa ongkosnya pak…

  21. pinterrr ….mo nyoba rakit ah mkcieeee yea bro wkwkwkkk

  22. pake c930 semua lebih halus trus c1971 – c1946 – c2782

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: