AL QURAN SEBAGAI PEDOMAN BERIBADAH

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya dan meminta pertolongan, pengampunan, dan petunjuk-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejahatan diri kita dan keburukan amal  kita. Barang siapa mendapat dari petunjuk Allah maka tidak akan ada yang menyesatkannya, dan barang siapa yang sesat maka tidak ada pemberi petunjuknya baginya. Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya. Ya Allah, Semoga doa dan keselamatan tercurah pada nabi Muhammad SAW.beserta  keluarganya, sahabat, dan  siapa saja yang mendapat petunjuk hingga hari kiamat. Marilah kita senantiasa bertakwa kepada Allah kapan dan di manapun kita berada. Karena dengan bertakwalah seseorang akan mendapatkan pertolongan-Nya untuk bisa menghadapi berbagai problema dan kesulitan yang menghadangnya.

Manusia terlahir kedunia ini bukan karena keinginan diri sendiri. Tetapi atas kehendak Allah Swt., Wajar apabila manusia harus tunduk dan patuh terhadap aturan yang digariskan oleh Allah Swt. Dan Allah menciptakan manusia dengan satu tujuan, agar manusia beribadah kepada Allah.

“Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku”(QS. Adz Dzaariyaat/51:56).

Dalam beribadah tentu saja tidak hanya sekedar ikut-ikutan tapi dibutuhkan pengetahuan/ pedoman,

“Dan janganlah kamu mengikuti, apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya; sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung-jawaban-nya.”  (QS.Al Isra’ 17: 36)

Adapun tuntunan/pedoman dalam beribadah adalah Al Quran

“Al Quran ini adalah pedoman bagi manusia, petunjuk dan rahmat bagi kaum yang meyakini”.(Al Jaatsiyah/45:20)“(Al Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa”. (QS.Ali ‘Imran /3:138)

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan Al-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran”(QS.AlQamar/54:17, 22, 32, 40)

“Kami tidak menurunkan Al Quran ini kepadamu agar kamu menjadi susah” (QS.Thaaha/20: 2)

“Sesungguhnya Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu supaya mereka mendapat pelajaran”( QS. Ad Dukhaan/44:58)

“Maka sesungguhnya telah Kami mudahkan Al Quran itu dengan bahasamu, agar kamu dapat memberi kabar gembira dengan Al Quran itu kepada orang-orang yang bertakwa, dan agar kamu memberi peringatan dengannya kepada kaum yang membangkang”. (QS.Maryam/19: 97)

“Subhanakallahumma wabihamdika asyhadu alla ilaha illa Anta astaghfiruka wa atubu ilaik (Maha Suci Engkau ya Allah dan segala puji untuk-Mu. Saya bersaksi bahwa tiada illah yang berhak disembah selain Engkau, saya meminta ampunan dan bertaubat kepada-Mu).”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: